float_enroll
float_enroll
QLUE Office oleh Imelda Laurentsia

December 21, 2021

Graphics / Gallery

Art & Design

post-img

Qlue merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kemajuan teknologi, terutama dalam cabang kecerdasan buatan (AI) dan Internet of Things (IOT). Dari wawancara dan pengamatan yang dilakukan secara online, terdapat beberapa kata kunci yang menggambarkan perusahaan ini, yaitu; kekeluargaan, teknologi, komunikasi dan relasi. Berdasarkan kata kunci tersebut, ditetapkan layout yang berfokus pada penerapan open office untuk mewujudkan kantor dengan nilai kekeluargaan, komunikasi, dan relasi yang baik.



 

Konsep utama dari perancangan kantor Qlue ini adalah smart office yang berdasar pada identitas perusahaan dan menggambarkan produk unggulan dari Qlue. Dalam mewujudkan konsep ini, terdapat beberapa konsep pendukung yang meliputi konsep citra, bentuk, warna, material, pencahayaan, dan penghawaan. Konsep citra yang diangkat adalah modern & fun, modern menggambarkan Qlue sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern yang ada saat ini dan terus berkembang hingga masa mendatang. Fun menggambarkan citra dan karakteristik dari para pekerja Qlue yang kekeluargaan dan hangat. Konsep bentuk yang diusung adalah melingkar tanpa sudut, diambil dari sifat pekerja Qlue yang saling merangkul satu dengan lainnya. Konsep material menekankan pada penggunaan material sustainable untuk menjaga keseimbangan dan sebagai bentuk pertanggung jawaban desainer terhadap upaya menjaga keberlangsungan alam dan didampingi dengan konsep material yang semi translucent untuk menunjukkan keterbukaan dan kecanggihan teknologi modern. Konsep pencahayaan mengangkat tema minimalis produktif, di mana kantor akan memanfaatkan cahaya alami secara maksimal melalui bukaan pada jendela guna mengaktifkan siklus sirkardian pada ruang kantor demi meningkatkan produktivitas dari para pekerja. Konsep warna yang diangkat adalah identity supremacy di mana biru menjadi warna dominan kemudian di imbangi oleh warna abu-abu dan efek metalik sebagai aksen. Konsep penghawaan yang diambil adalah suhu bumi (24 OC) yang cocok untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja.



 

Seluruh konsep diterapkan dengan cara berbeda dan saling berkaitan antar satu area dengan area lainnya yang ada pada kantor, sehingga terbentuk satu perancangan kantor yang utuh. Konsep tersebut juga diterapkan pada furnitur kantor yang meliputi meja rapat, workstation, meja resepsionis, dan furnitur lainnya. Pada furniture digunakan system modular untuk kemudahan transportasi, instalasi, dan efektivitas penggunaan bahan demi menjawab tantangan green design pada furnitur.




Proyek ini merupakan karya dari Imelda Laurentsia, mahasiswa Desain Interior UPH. Untuk melihat karya lengkapnya, klik di sini.