float_enroll
float_enroll
Fajar Paper Office oleh Karen Audrey

December 21, 2021

Graphics / Gallery

Art & Design

post-img

PT Fajar Surya Wisesa Tbk (Fajar Paper) adalah salah satu produsen kertas kemasan terkemuka di Indonesia yang menerapkan rencana keberlanjutan di dalam proses produksinya. Setiap produk yang dihasilkan berasal dari 100% kertas daur ulang dan semua kebutuhan energi untuk mesin produksi dipenuhi secara mandiri melalui pembangkit listrik yang memanfaatkan pembakaran uap proses produksi. Perusahaan juga mempunyai tanggung jawab sosial yang berfokus pada 4 bidang utama yaitu tanggung jawab atas lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja, kualitas produk dan kepuasan pelanggan serta pengembangan masyarakat. Tanggung jawab ini menunjukkan bahwa perusahaan memperhatikan keterikatan antara manusia dengan alam dan hubungan sosialnya.




Perhatian khusus yang dimiliki perusahaan terhadap kelestarian dan keberlanjutan lingkungan sekitar menjadi dasar diangkatnya tema “Expanding Harmonious & Innovative of Sustainability”. Tema ini bertujuan memperluas rencana keberlanjutan tidak hanya pada aktivitas perusahaan tetapi juga pada suasana ruang kerjanya dengan tetap memperhatikan keharmonisan antara alam, manusia dan hubungan sosialnya. Untuk dapat mendukung tema ini maka dibuatlah konsep citra ruang yang tidy, repetitive, straight movement & open to nature.




Konsep citra ini menggambarkan keharmonisan antara manusia dengan alam yang ditunjukkan melalui penggunaan material dengan konten 3R, material dengan warna dan tekstur alam, penempatan beberapa tumbuhan hijau serta keterbukaan view disekeliling area kerja. Keterbukaan view juga memungkinkan cahaya alami masuk dan memenuhi kebutuhan cahaya di area kerja serta menghemat penggunaan energi lampu buatan. Sedangkan hubungan manusia dengan diri pribadi dan sosialnya ditunjukkan melalui meja cubical yang menggambarkan kedekatan antar karyawan, tempat penyimpanan individu di workstation dan ketersediaan area atau ruangan untuk aktivitas kerja sendiri maupun bersama salah satunya ruang rapat.




Penempatan setiap ruang juga didasarkan pada struktur organisasi perusahaan sehingga tingkat kedudukan karyawan dan hubungan kerjanya dapat berjalan dengan baik. Contohnya ruang manajer yang ditempatkan berdekatan dengan area kerja divisi yang dibawahi sehingga manajer dapat mengawasi aktivitas kerja karyawannya. Tidak hanya itu, keamanan dan kerahasiaan perusahaan juga diutamakan melalui pengelempokkan area publik sehingga jangkauan akses tamu luar dibatasi hanya di area ini. Pada setiap ruangan atau area, identitas dari perusahaan berusaha ditampilkan baik dari penggunaan material, bentuk, warna dll. Hal ini bertujuan untuk mengingatkan karyawan ataupun pengunjung terkait visi, misi, tujuan dan aktivitas perusahaan.


Proyek ini merupakan karya dari Karen Audrey, mahasiswa Desain Interior UPH. Untuk melihat karya lengkapnya, klik di sini.